Hujan Penyebab Sakit Kepala

Fri, 06/30/2017 - 23:04

Barusan sahabat saya mengatakan dia sakit kepala karena kena hujan, padahal sudah keramas setelah berhujan-hujan selama 10 menit.

Sakit kepala ada banyak jenisnya, yang paling sering ditemukan antara lain: sakit kepala karena stres, migrain, sakit kepala karena sinusitis, perubahan hormon, dan rokok. 

Cuaca adalah salah satu dari lima pemicu sakit kepala migrain yang utama. Bisa karena perubahan cuaca, kadar kelembaban yang tinggi, angin kencang, perubahan tekanan udara, hujan, ataupun sinar matahari.

Sakit kepala karena perubahan cuaca disebabkan karena terjadinya perubahan kadar serotonin dan dehidrasi akibat kelembaban udara yang tinggi. Perubahan tekanan udara yang cepat menyebabkan tekanan dalam rongga kepala dan sinus berbeda terlalu banyak dengan udara luar. Ini juga menyebakan sakit kepala.

Bila anda sensitif terhadap perubahan cuaca, lakukan pencegahan sakit kepala dengan beberapa cara:

  1. Pastikan cukup minum air.
  2. Bila sensitif terhadap panas terik, hindari berada di tempat terbuka pada siang hari saat matahari paling garang bersinar.
  3. Bila harus berada di luar rumah, pakailah kacamata hitam yang mampu menyaring sinar penyebab migrain.
  4. Bila bepergian ke daerah dengan perbedaan cuaca yang besar, siapkan obat sakit kepala.
  5. Pastikan cukup tidur dan istirahat.
  6. Hindari pemicu lain seperti makanan dan minuman yang tidak sehat (soda menyebabkan dehidrasi), rokok (nikotin menyebabkan konstriksi pembuluh darah otak), dan stres.
  7. Olahraga teratur.
  8. Hindari mengikat rambut terlalu kuat, memakai aksesori kepala seperti jepitan rambut, bando, topi, headphone, terlalu lama.
  9. Hindari bau-bauan yang menyengat seperti parfum, pengharum ruangan, dan bau tajam lain.
  10. Pastikan postur yang baik. Duduk dan berdiri tegak. Otot leher yang terlalu tegang dapat menyebabkan sakit kepala. Perhatikan juga tempat duduk dan meja kerja berada pada ketinggian yang sesuai dengan tubuh.
Hujan

 

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.