Hatiku dan Hatimu

Fri, 01/12/2018 - 08:39

Hati adalah organ terbesar kedua setelah kulit. Tugasnya lebih dari 500 macam. Secara sederhana tugas hati adalah mengubah nutrisi dari makanan menjadi zat yang dapat dipakai tubuh, menyimpan cadangannya, menyediakan zat yang diperlukan sel tubuh saat diperlukan, dan mengurus zat yang tidak diperlukan tubuh lagi (mengubah zat berbahaya menjadi tidak berbahaya atau membuang zat berbahaya tersebut). 

Beberapa fungsi hati yang paling penting:

1. Pembentukan empedu - Empedu penting untuk pencernaan dan penyerapan lemak, kholesterol, protein, dan vitamin; termasuk vitamin K yang penting untuk pembeku darah (untuk menghentikan darah keluar terus dari luka di kulit). 

2. Metabolisme karbohidrat dan menyimpan glikogen untuk cadangan energi.

3. Metabolisme dan penyerapan bilirubin. Waktu sel darah kita mati, hemoglobin dalam darah diurai. Hasilnya adalah bilirubin dan zat besi. Zat besi ini akan disimpan dalam hati dan sumsum tulang untuk dipakai dalam pembentukan darah baru.

4. Gudang vitamin (A, D, E, K, dan B12) dan mineral (tembaga). 

5. Menyaring darah dan membuang zat yang tidak diperlukan tubuh lagi seperti hormon estrogen, aldosteron, alkohol, dan obat-obatan.

6. Benteng pertahanan tubuh dengan sel Kupffer -nya yang bertugas menghancurkan zat perusak yang masuk ke hati melalui usus.

Tidak heran jika hati adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang bisa regenerasi (tumbuh lagi) mengingat fungsi hati yang sedemikian banyak dan penting. Hati dapat tumbuh ke ukuran semula bila minimum jaringan yang tersisa ada 25 persen. Bila duapertiga dari hati seekor tikus dipotong, jaringan hati yang tersisa bisa tumbuh hingga ukuran semula dalam waktu sekitar seminggu. Pada manusia, perlu waktu lebih lama, mungkin hingga dua minggu atau lebih. 

Penyakit yang mengganggu fungsi hati

Perusak utama hati masa kini adalah konsumsi berlebihan alkohol. Penyakit lain yang mempengaruhi fungsi hati lainnya adalah parasit, yellow fever, hepatitis, malaria, lemak yang berlebihan, dan kanker.

Menjaga kesehatan hati

1. Makan sehat - makanan yang terlalu berlemak memberi beban kerja yang berat. Berat badan berlebih membuat sel hati penuh dengan lemak.
2. Hindari minum alkohol lebih dari dua gelas sekali minum. Efeknya tidak dirasakan segera karena racun dari alkohol merusak hati setelah bertahun-tahun tetapi fatal.
3. Hindari konsumsi dan mencampur aduk sendiri obat-obatan walaupun yang anda pikir dari bahan “alami”.
4. Olahraga teratur.

Hati



 

Comments

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.