Travel Bali - Jatiluwih, Kebun Raya Bali, Munduk

Dari Nusa Penida, kami kembali ke Bali lewat pelabuhan Sanur. Mobil yang kami sewa online sudah diantar ke pelabuhan. Selama di Bali kami menginap di Medewi Bay Retreat di pantai Barat pulau Bali, agak jauh dari tempat wisata yang biasa dikunjungi turis.

Medewi Bay Retreat
Medewi Bay Retreat

Jatiluwih

Mengendarai mobil dari Medewi ke Jatiluwih perlu waktu sekitar dua jam. Yang membuat saya jengkel adalah jalanan yang sempit dan banyaknya truk besar. 

Gerbang Jatiluwih
Gapura Desa Jatiluwih

Sudah lama saya ingin melihat dengan mata kepala sendiri sistem subak yang saya pelajari semasa masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Akhirnya tercapai juga cita-cita saya menyaksikan keindahan karya manusia yang menghargai lingkungannya.

Lanskap Subak
Lanskap Subak

Subak adalah organisasi kemasyarakatan yang mengatur sistem irigasi di Bali. Subak telah ada sejak abad ke IX. Sistem ini dirancang berdasarkan filosofis Hindu “Tri Hita Karana” yang artinya kira-kira “Tiga Unsur Kemakmuran”, yaitu adanya hubungan yang erat antara dunia manusia, bumi, dan dunia spiritual. Satu subak terdiri dari hutan sebagai sumber air, hamparan sawah bertingkat, sistem pengairan yang terdiri dari kanal, terowongan, dam, desa, dan pura. Pada tanggal 6 Juli 2012, subak resmi terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO.

Jatiluwih Rice Terrace
Jatiluwih Rice Terrace
Kincir Air
Kincir Air

Kebun Raya Bali

Gapura

Dari Jatiluwih kami meneruskan perjalanan ke Kebun Raya Bali (sekitar 40 menit dari Jatiluwih). Kebun Raya Bali dibangun pada tahun 1959 (yang pertama di Indonesia setelah kemerdekaan) dan merupakan pusat penelitian, konservasi, edukasi, dan rekreasi botanikal di bawah pengawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

Danau Beratan
Danau Beratan dilihat dari Kebun Raya Bali

Mencakup area seluas 157,5 hektar, Kebun Raya Bali memiliki koleksi lebih dari 300 jenis anggrek, 100an jenis kaktus, 300an jenis tanaman obat Bali, 218 jenis tanaman yang biasa dipakai untuk upacara, dan banyak lagi tanaman lainnya. Koleksi tanaman begonia di sini termasuk salah satu yang terbesar di dunia. 

Museum
Taman dan Museum Panca Yadnya
Taman Anggrek
Taman Anggrek yang tidak sedang berbunga.
Taman Kaktus
Bagian luar Taman Kaktus
Taman Kaktus
Tanaman Kaktus koleksi Kebun Raya Bali

Air terjun Munduk

Jarak dari Kebun Raya Bali ke Munduk sekitar 20 kilometer. Kami berkendara sepanjang jalan Raya Wanagiri dan berhenti sejenak di satu ruas jalan. Dari tepi jalan saya memandang ke bawah dan melihat danau Buyan yang berdampingan dengan danau Tamblingan. Sering disebut Twin Lake karena keduanya hanya dibatasi hutan lindung. Area ini termasuk kawasan suci bagi masyarakat asli Bali. Pura, hutan, dan danau yang indah ini juga dijadikan kawasan wisata ramah lingkungan. Karena termasuk kawasan suci, tempat ini hanya boleh dihuni oleh orang yang ditugaskan untuk menjaga dan memelihara tempat itu.

Twin Lake
Lokasi untuk berfoto dengan latar belakang Twin Lake.
Twin Lake
Twin Lake
Danau Buyan
Danau Buyan
Danau Tamblingan

Bagi anda yang ingin mengunjungi air terjun Munduk, agar tidak terlewati, begitu melihat Restoran Bali Jegeg ini, berhentilah. Kami minta izin parkir di halamannya. Jalan kecil menuju air terjun terletak tidak jauh dari restoran ini. 

Restoran Bali Jegeg
Restoran Bali Jegeg

Yang suka trekking dan alam, pasti menyukai berjalan menuju air terjun setinggi hampir 15 meter ini. 

Jalan ke Munduk
Jalan kecil menuju air terjun Munduk
Loket Tiket
Loket untuk membeli tiket masuk ke air terjun Munduk
Munduk Waterfall
Air terjun Munduk

 

Tambah komentar baru

Teks polos

  • Tidak ada tag HTML yang diperbolehkan.
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.

Baca juga tulisan sebelumnya:...

Rose Chen

Hari pertama di Chiang Mai dimulai dengan shopping di Maya Lifestyle Shopping Center...

Rose Chen

Pulau Keelung (Keelung Islet) adalah pulau kecil yang terletak lima kilometer dari...

Rose Chen

Di Taiwan sayur paku sarang burung adalah kegemaran orang lokal. Biasanya mereka tumis dengan...

Rose Chen

Mungkin banyak yang belum pernah makan umbi bunga lily (bunga bakung). Umbi bunga lily bisa...

Rose Chen